• Jelajahi

    Copyright © PotretIndonesiaNews.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Ads


    Insan Kuli Tinta tampaknya semakin Tertekan Jalankan Fungsi Pers, bahkan Wartawan menjadi Korban kekerasan ,Siapa yang Membela...??

    Last Updated 2024-04-20T19:01:38Z

     

    Gambar animasi soerang jurnalis yang diduga alami teror dan penekanan mental dalam menjalankan fungsinya sebagai sosial control masyarakat demi kepentingan publik pembaca yang membutuhkan informasi. 

    POTRET INDONESIA NEWS.COM 

    MEDAN.III - Menyimak kisah - kisah pilu yang dialami Insan Pers atau biasa disebut " Wartawan ataupun Jurnalis " terkadang membuat hati  para Kuli Tinta alias  Jurnalis sedih bercampur Geram.


    Dimana banyak terjadi penekanan mental dan aksi menakut-nakutin " Teror " yang acap kali diduga dilakukan oleh orang-orang yang praktek modus  kejahatannya terberitakan oleh Wartawan.Yang mana Wartawan dalam menjalankan  fungsi sosial Controlnya  dan menulis hasil Investigasi serta temuan dilapanga yang dituangkan penulis dalam suatu narasi berita head line bernarasi menyinggung serta menyoroti oknum- oknum tertentu yang diduga perbuatannya melanggar hukum dan bahkan melanggar Etika kehidupan bermasyarakat.


    Ada beberapa hal peristiwa Tragis yang pernah dialami oknum Jurnalis akibat berita penting dan berfakta yang membuat para pelaku  kejahatan pelanggar hukum berang hingga tercatat beberapa kejadian buruk menimpa  Jurnalis seperti pembakaran mobil ,rumah dan pengrusakan tempat  tinggal  Wartawan, bahkan ada hal tersebut  diatas yang sampai  terjadi beberapa kali terhadap diri seorang Jurnalis.


    Yang lebih Tragis lagi ada beberapa Wartawan yang bahkan  tewas mengenaskan diduga akibat efek balas dendam dari pihak yang diberitakan meskipun berita itu berfakta dan benar adanya namun Sang Jurnalis ada yang mengalami resiko tinggi yakni kehilangan nyawanya.


    Pertanyaannya sekarang siapakah yang mampu melindungi para awak media yang mencoba menorehkan tulisan Tinta Keadilan dan Kebenaran fakta dalam sebuah beritanya. Bahkan akhirnya nanti akan mengancam jiwa si Wartawan tersebut , padahal Berita yang dinaikkan  adalah Fakta benar dari suatu kejahatan perbuatam oknum-oknum tertentu yang bisa saja merugikan masyarakat ,alam lingkungan hidup bahkan merugikan  negara 


    Dalam hal ini Redaksi PI-NEWS.COM menyoroti beberapa Peristiwa Tragis yang dialami Wartawan karena memberitakan fakta yang benar nyata dari suatu perbuatan jahat oknum tertentu. Tinggal lagi dimanakah dan siapa kah yang mampu serius melindungi seorang Jurnalis terhadap efek samping  suatu karya tulis yang mengandung  narssi cerita pengungkapan  suatu kejahatan  oknum-oknum tertentu yang diduga merasa kebal hukum.


    Namun  yang pastinya APH lah yang semestinya melindungi  Insan Pers dan pada hakekatnya  sudah terlindung dalam  naungan Perlindungan  UU PERS NO.40 Tahun 1999  tentang  Pers yang merupakan payung pelindung bagi seorang  Insan Pers.


    " Harapan kami sebagai  Pemimpin Redaksi,hendaknya Insan Pers itu harusnya terlindungin  dengan baik seperti  yang tertera di UU PERS NO.40 Tahun 1999 dan pihak APH diharapkan semestinya semakin cepat tanggap menyelesaikan aduan dan Laporan seorang Wartawan yang terancam bahkan mengalami kerugian  besar, karena memberitakan suatu fakta kejahatan yang  memang menjadi  pengungkapan  kasus bagi APH demi terwujudnya keadilan dan penegakan hukum yang nyata." Ungkap Damos Simatupang.Amd pada awak media, Sabtu ,(20/04/2024).


    Lanjut  Ketua Group Wartawan  Profesi Jurnalis Siber " Team Cakra Buana " ini lagi,,

    " Harapan kami agar pihak APH bisa dengan  mantap dan mampu mengungkap kasus - kasus Laporan Wartawan yang menjadi korban kekerasan dari pihak Oknum-oknum tertentu yang  diberitakannya, Ayooo para pemimpin  bangsa bantu lindungi para Wartawan / Jurnalis  agar tidak terlalu bebas para terduga pelaku kejahatan menjalankan dengan mulus Praktek perbuatan jahatnya dinegeri ini," Harapan Pemred PI-NEWS.COM mengakhiri.


    Dikesempatan yang sama ,Bang Ucok yang dikenal sebagai wartawan senior memberikan komentar dan Pendapatnya tentang nasib Wartawan saat ini. 

    " Waduuuh  Bang sedihlah kita membaca berita, banyak Wartawan yang dianiaya ,dibakar rumah juga mobilnya bahkan kehilangan nyawanya akibat memberitakan suatu fakta kebenaran suatu kejahatan,lalu sampai kapankah hal ini harus terjadi dan kapan terungkap Laporan para wartawan yang menjadi korban itu,,semogalah para penegak hukum mampu menegakkan keadilan dengan  setegak tegaknya hingga para  wartawan merasa terlindungin saat menjalankan Tufoksinya sebagai Jurnalis ." Ungkap dan Komentar Bang Ucok dengan tegas. ( team / Red ).

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Insan Kuli Tinta tampaknya semakin Tertekan Jalankan Fungsi Pers, bahkan Wartawan menjadi Korban kekerasan ,Siapa yang Membela...??

    Terkini