• Jelajahi

    Copyright © PotretIndonesiaNews.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Ads


    Ibadah GMS Tanjung Morawa ditolak Warga ,Team PGPI KAB.DS Tinjau lokasi ,,PGPI Tegas Menolak Setiap Intoleran serta Berharap Pemerintah Bersikap NETRAL,Sesuai Undang-undang Konstitusi tentang Memeluk Agama,,,

    Last Updated 2023-08-10T17:46:06Z

     

    Team Pengurus PGPI KAB.DS yang ditugaskan Ketua PGPI DS untuk meninjau langsung lokasi tempat beribadah tersebut dan sebelumnya Kordinasi ke Mako Polsek Tanjung Morawa. 

    POTRET INDONESIA NEWS.COM

     DELISERDANG.III  - Peristiwa penolakan warga sekitar Pergudangan desa Tanjung morawa- A sei belumai Kecamatan  tanjung morawa Kabupaten Deli Serdang yang kabarnya menolak salah satu lokasi  yang diketahui  sebagai  lokasi Pergudangan di jadikan Tempat beribadah sementara warga jemaat  GMS  yang berada disekitar  Kecamatan  Tanjung Morawa. 


    Menyikapi Peristiwa penolakan warga sekitar atas adanya ibadah di Pergudangan yang sudah  di bersihkan agar layak untuk tempat beribadah  tersebut ,Dewan Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta di Indonesia  Kabupaten Deli Serdang yang di ketuai oleh Pdt Endy Malau STh.MTh melakukan  fungsi  pengamatan  dan Pemantauan akan Gereja-Gereja Pentakosta ( Aliran Kharismatik ) di Kabupaten Deli Serdang  tentang  hal peristiwa tersebut guna diketahui langsung oleh PGPI KABUPATEN DELISERDANG. 


    Untuk itu pada Rabu (09/08/2023) sekitar pukul 09.00 WIB pagi ,Berdasarkan Surat tugas dari Ketua  PGPI Kabupaten Deliserdang  Pdt.Endy Malau STh MTh ,maka pengurus Inti yakni  Sekretaris  PGPI  Kabupaten  Deliserdang Pdt Leonardo Hutahean STh dan Bendahara PGPI PdtTimotiusHartono Pasaribu MTh  bersama  Humas  PGPI DS Pdp.Damos Simatupang.Amd melakukan  kunjungan Kordinasi  ke Mako Polsek Tanjung Morawa  selaku Pemegang Wilayah  hukum dan pengamanan Kecamatan tanjung morawa yang adalah sewilayah dengan Lokasi  Pergudangan yang menjadi tempat beribadah sementara  dari Gereja Mawar Sharon cabang Kecamatan tanjung morawa. 


    Team Pengurus PGPI yang  didampingi Humas PGPI DS saat tiba di Mako Polsek Tanjung Morawa usai melapor dan  menjelaskan ke Piket SPKT maksid dan Tujuan kedatangan  pengurus PGPI KAB.DS guna Menjumpai Bapak Kapolsek Tanjung  Morawa  AKP Firdaus Kemit SH untuk komfirmasi terkait insiden adanya Kabar penolakan warga atas adanya ibadah Gereja  Mawar Sharon  di Lokasi Pergudangan  sei belumai Tanjung Morawa. 


    Seorang petugas menyamperin team PGPI dan berbicara sejenak tentang maksud dan tujuan kedatangan  Team PGPI DS  ke Mako Polsek Tanjung Morawa, berhubung  Kapolsek dan para Perwira  sedang pada keluar melaksanakan tugas lain selanjutnya petugas tersebut mencoba menghubungi  pihak Kanir Intel guna Kordinasi dengan  Team PGPI  ,akhirnya  Kanit Intel melalui Humas PGPI  dan didengar kan oleh Team PGPI menjelaskan Bahwa  Kejadian  Insiden  penolakan warga sekitar Pergudangan adanya Ibadah Gereja tersebut ,Permasahalaanya telah diambil alih pihak Polresta Deli Serdang yang pada hari rabu ini (09/08/2023)  akan melaksanakan  Mediasi dan pertemuan  dengan pihak gereja GMS  ,warga setempat, Kesbangpol, FKUB dan BKAG serta unsur  Tiga Pilar di Aula Kesbangpol Kabupaten Deliserdang. 


    Sesudah mendapat kejelasan dari Kanit Intel  Team pun bergerak  kelokasi  kejadian  di desa Tanjung morawa- A sei belumai Kecamatan tanjung morawa Kabupaten Deli Serdang  guna  meninjau langsung lokasi  tempat beribadah tersebut.


    Sesampainya  dilokasi Pergudangan yang dijadikan tempat beribadah sementara tersebut Pengurus PGPI  DS memberikan komentar nya melalui awak media.

    "Kami PGPI Kabupaten Deliserdang sangat  menyesalkan adanya  Insiden penolakan warga tersebut karena kita sama-sama mengetahui bahwa Pemerintahan Negara kita menjamin  setiap  warga negara untuk bebas menjalankan ibadahnya masing-masing, dan lokasi ini belum sempat dipakai  untuk beribadah sudah  ditolak warga,,? padahal sepengamatan kami  lokasi ini  agak jauh dari lingkungan warga dan kami yakin  suara di dalam ruangan beribadah  Pasti Kedap suara alias tak bising,,lalu mengapa  untuk  beribadah aja dilarang kan itu tak sesuai dengan undang undang Landasan Konstitusi Negara tentang kebebasan hidup beragama." Jela Pdt Timotius Hartono Pasaribu MTh.


    Ditambah kan Sekretaris PGPI kembali..

    " Kami  ditugaskan ketua PGPI Kabupaten Deliserdang untuk turun langsung meninjau lokasi beribadah tersebut setelah lebih dulu ke Polsek Tanjung Morawa guna Kordinasi dan saat ini  kami tegaskan bahwa  kami Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta di Indonesia di Kabupaten Deli Serdang  dengan Tegas Menolak segala bentuk Intoleran dan Kekerasan  terhadap orang yang beribadah juga terhadap rumah ibadah,, karena  beribadah itu penting  sebab kita yang hidup  ini memeluk agama masing-masing dan menjalankan ibadahnya masing-masing, maka itu ayo tanamkan sikap Toleransi dalam beragama dan kita  Tolak Sikap Intoleran agar terwujud  keadilan di Negeri ini,," Ungkap  Pdt Leonardo Hutahean STh.


    Disambung  Bendahara PGPI kembali...

    " Kami Pengurus PGPI persekutuan gereja-gereja pentakosta di Indonesia kabupaten Deli Serdang menghimbau supaya Pihak Gereja Mawar Sharon jangan mau Terpancing konflik  dan jangan mau di provokasi serta bersabarlah  menunggu proses penyelesaian atau mediasi yang sedang dikerjakan hari ini  di Kesbangpol DS untuk mendapatkan solusi atau jalan keluar hal Gereja mawar Sharon melakukan ibadahnya dan yang kedua kami mengharapkan pemerintah khususnya pemerintah Kecamatan Tanjung Morawa dan juga pemerintah Kabupaten Deli Serdang untuk memiliki sikap yang NETRAL serta menjadi Pamong yang baik warga Kabupaten Deli Serdang khususnya bagi warga yang ada di Tanjung Morawa beserta jemaat  gereja GMS yang ada di Tanjung Morawa ini.." Pungkas  Bendahara mengakhiri keterangannya. 


    Dihubungi via  WA Ketua PGPI Kabupaten Deliserdang Pdt Endy Malau STh.MTh dengan Tegas  menyatakan sikapnya .

     " Kami PGPI Kabupaten Deliserdang menolak Tegas setiap Sikap Intoleran dan berharap Pemerintah Bersikap NETRAL agar undang- Undang Konstitusi Negara menjamin tentang Memeluk dan menjalankan ibadah berjalan  dengan Baik dan tenteram " Terang Endy Malau STh.MTh dengan Tegasnya. 


    Setelah  melakukan wawancara dengan awak media dan meninjau langsung lokasi  yang belum sempat dipakai untuk beribadah namun sudah ditolak oleh warga tersebut. Teampun bergerak  ke Kantor Kesbangpol Lubuk Pakam untuk memantau perkembangan serta hasil Rapat mediasi bersama tentang ibadah Gereja GMS tersebut. ( ds / team).

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Ibadah GMS Tanjung Morawa ditolak Warga ,Team PGPI KAB.DS Tinjau lokasi ,,PGPI Tegas Menolak Setiap Intoleran serta Berharap Pemerintah Bersikap NETRAL,Sesuai Undang-undang Konstitusi tentang Memeluk Agama,,,

    Terkini